Friday, November 17, 2017

PLPG 2017 SILABUS DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X MULTIMEDIA MATERI SCANER





Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (C2)


SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Muhammadiyah 1 Sleman
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Mata Pelajaran : Dasar Desain Grafis
Durasi (Waktu) : 144 JP @ 45 menit
Kelas/ Semester : X /1 dan 2


KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standard kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
PERTEMUAN KE-
3.5 Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
3.5.1 Menjelaskan fungsi scanning.
3.5.2 Menguraikan prosedur scanning.
4.5.1 Memilih gambar untuk discan.
4.5.2 Menunjukkan hasil scanning.
§ Jenis-jenis scanner.
§ Langkah-langkah scanning.
§ Kelebihan dan kekurangan proses scanning.
12
(3x45)
§ Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang scanning.
§ Mengumpulkan data tentang prosedur scanning.
§ Mengolah data tentang prosedur scanning.
§ Mengomunikasikan tentang prosedur scanning.
Pengetahuan:
§ Tes tertulis
Keterampilan:
§ Pengamatan
§ Unjuk kerja
§ Modul Desain Grafis untuk SMK/MAK untuk kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2013
§ Adi Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C. V. Andi Offset
§ Lia Anggraini S, Kirana Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual Dasar-Dasar; Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Dwi Gunarto


NIP.-
               
Sleman, 5 November 2017
Guru Mata Pelajaran
Arif Ranu Wicaksono, M.Kom


NIP.-02                
Download File Silabus Format *.pdf dan *.doc :

No comments:

Post a Comment

ERA CASHLESS

Era Cashless Dimana seseorang bekerja mati-matian dibayar dengan tampilan angka digital dilayar HP. Inilah evolusi dari tansaksi tukar benda...