Monday, February 4, 2019

Soal Ujian Nasional Teori Kejuruan Multimedia SMK 2019 (Paket A)


SOAL PENJAJAKAN UJIAN NASIONAL 2019 
TEORI KEJURUAN MULTIMEDIA
PAKET A

1.      Bagian layer OSI yang berfungsi menjelaskan spesifikasi listrik, mekanis dan fungsional guna menangani data jaringan adalah….
A.        Application layer
B.        Presentation layer
C.        Internet layer
D.        Transport layer
E.         Physical layer

2.         Subnet Mask yang dapat digunakan pada IP kelas C adalah….
A.        255.0.0.0
B.        255.255.0.0
C.        255.255.255.248
D.        255.255.255.0
E.         255.255.255.1


3.         Perintah pada dasar linux untuk membuat direktori baru adalah....
A.        ls
B.        mkdir
C.        cd
D.        rd
E.         mdir

4.         Perintah ini digunakan untuk merubah kepemilikan kelompok file atau direktori yaitu....
A.        Find
B.        Search
C.        Cat
D.        Chgrp
E.         Alias

5.         Dalam HTML, dapat menambahkan hubungan/relasi ke halamam web tertentu. Berikut ini Syntax HTML hyperlink yang apabila di klik akan menuju ke halaman web  www.google.com adalah….
A.        <Href a www.google.com> </a>
B.        <a href www.google.com> </a>
C.        <a href="www.google.com"></a>
D.        <ke= www.google.com> </a>
E.         <pindah ke www.google.com> </a>

6.         Perintah masukkan yang benar agar menghasilkan tampilan seperti dibawah ini adalah ….
“ini tombol input dengan type=”submit”: Kirimkan




A.        <br> ini tombol input dengan type=”submit”:
B.        <input type=”submit” value=”kirimkan”>
C.        <br> ini tombol input dengan type=”reset”
D.        <input type=”submit” value=”kirimkan”>
E.         <br> ini tombol input dengan type=”reset”

7.         Pada potongan tag CSS diatas, mengatur style pada elemen….
<p align="center" style="color:#303; font
-
size:24px">SMK
</p>
A.        Head
B.        Title
C.        Body
D.        Pading
E.         Paragraf

8.         Perhatikan gambar berikut, gambar skestsa tersebut adalah …
A.        Sketsa suasana ramai
B.        Sketsa bentuk
C.        Sketsa Wajah
D.        Sketsa Makhluk hidup
E.         Sketsa lukisan suasana


9.         Dibawah ini yang termasuk gambar ilustrasi realis adalah …


A.        












B.         








C.         










D.         








E.          






10.     Salah satu elemen desain yang merupakan sebuah visualisasi dari permukaan yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba ….


A.        Garis
B.        Bentuk
C.        Tekstur
D.        Ruang
E.         Warna

11. Perhatikan gambar berikut ini. untuk membuat sebuah gambar dengan bentuk Rectangle maka 
      yang harus diaktifkan pertama kali adalah yang ditunjukkan oleh angka nomor ....

  A.        1
  B.        2
  C.        3
  D.        4
  E.         5      







12.     Untuk memodifikasi sebuah objek menjadi seperti gambar di bawah ini, tools  yang digunakan adalah ...

A.        Selection tool
B.        Rectangle tool
C.        Paint bucket tool
D.        Gradient transform tool
E.         Transform tool


13.     Pada program 3D max untuk memodifikasi sebuah objek dari sebuah model objek dasar menjadi sebuah pesawat, pemilihan objek dasar yang lebih tepat adalah …
A.        tube
B.        capsule
C.        cylinder
D.        gengon
E.         torus knot


14.     Ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan sebelum melakukan teknik zooming pada fotografi yaitu …
A.        Shutter speed pada posisi kecepatan yang lebih tinggi
B.        Aperture ( f ) yang lebih rendah
C.        ISO yang tinggi
D.        White Balance pada pengaturan otomatis
E.         Kecepatan pemutaran lensa Zoom yang lebih rendah.

15.     Teori yang menyatakan bahwa warna-warna yang ada di alam menjadi 4 kelompok warna yaitu : warna primer, sekunder, tersier dan  warna netral. Teori ini dikemukan oleh…
A.        Sir Isaac Newton
B.        David Brewster
C.        Munsell
D.        David Munsell
E.         Munsell Newton

16.     Perhatikan gambar berikut. Untuk melakukan sebuah pemotretan dimana seluruh pengaturan yaitu ISO, shutter speed, aperture, internal flash, white balance dan exposure compensation diserahkan sepenuhnya kepada  fotografer, maka dial harus diarahkan / diputar ke arah  
A.        M
B.        A
C.        S
D.        P
E.         A

17.     Langkah-langkah rendering animasi pada program animasi 3d Max, yang cepat  adalah. ...
A.        Rendering >  Render
B.        Rendering > Rendering Setup
C.        Rendering > Rendered frame window
D.        Klik 
di layar program 3d Max
  




E.        Klik 
dilayar program 3d Max






18.     Skenario adalah sebuah naskah cerita yang menguraikan urut-urutan adegan, tempat, keadaan, dan dialog, yang disusun dalam konteks struktur dramatik untuk menjadi acuan dalam proses produksi. Dibawah ini adalah skenario yang tepat untuk menggambarkan adegan  “nando mulai tetarik dengan Dea”.

A.        INT. KAMAR NANDO – MALAM
Nando duduk di depan laptopnya yang menyala. Tangan nando memencet tanda panah ke kanan yang menampilkan gambar-gambar hasil jepretannya seharian ini. Tangan nando berhenti ketika layar laptopnya menampilkan wajah dea, gadis yang tidak sengaja ia tabrak tadi sore di taman.

NANDO :
Lho... kok? (bingung).

Mata nando menerawang jauh. Nando jadi ingat, saat bertabrakan tadi nando tidak sengaja memotret gadis itu. Wajah gadis itu terlihat terkejut dalam foto. Nando memperhatikan lekat-lekat. Meskipun tidak tersenyum, wajah gadis itu cukup menarik.

B.        EXT. PINGGIR JALAN
Dea menyambar tasnya dan berlalu pergi.

SERA :
Sorry ya, dia kalau lagi bete emang suka marah-marah.

Nando mengangguk maklum.
Sera berlari menyusul dea.
Nando hanya geleng-geleng kepala menatap punggung kedua gadis itu yang menjauh.

C.        EXT. TAMAN
Nando berjalan santai sambil sesekali menyapa teman-temannya yang berpapasan dengannya. Saat membelok di ujung koridor, seorang gadis muncul, hampir bertabrakan dengan Nando. Nando menyurut mundur. Nando terperangah, ia tidak asing dengan wajah gadis itu, bergitupun gadis itu yang merasa mengenal nando.

NANDO :
Hai... (tersenyum ramah) ketemu lagi! Elo cewek yang kemarin, kan?

D.        EXT. TAMAN
Nando melambaikan tangannya, ketika cewek itu melirik padanya.

NANDO :
Ini memang takdir (teriak). Sampai ketemu lagi!

E.         EXT. TAMAN
Dea berdiri dari duduknya. Nando ikutan berdiri.

DEA :
Thank’s ya, elo udah nemenin gue ngobrol. Untuk yang kemarin-kemarin gue minta maaf, gue terlalu jutek sama elo.

NANDO :
Nggak pa-pa. Sekarang kita teman kan?

DEA :
Ya!

19.     Pengertian Storyboard adalah memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera, dibawah ini adalah storyboard yang sesuai untuk menggambarkan seoarng dokter yang sedang bekerja adalah ...
A.        

 

B.         



C.       

D.       

E.        

20.     Aris membersihkan sepeda motor, sedangkan dani melihat aktifitas tersebut sambil sesekali mengajak bicara dengan aris. Posisi kamera menghadap ke sepeda motor tersebut, dimanakah letak penempatan kedua tokoh tersebut agar dihasilkan gambar yang baik ...
A.        Aris membelakangi kamera menyamping dengan posisi menghadap sepeda motor, sedangkan dani membelakangi kamera dengan posisi berdiri
B.        Aris dan dani membelakangi kamera dengan posisi duduk dan menghadap motor
C.        Aris membelakangi kamera menyamping dengan posisi di depan sepeda motor, sedangkan dani menghadap kamera dibelakang motor
D.        Aris dan dani berada di depan sepeda motor dengan posisi berdiri sambil berbicara
E.         Aris dan dani didepan sepeda motor dengan posisi jongkok dan menghadap ke arah kamera
21.     EXT. TAMAN RUMAH
Kevin sedang serius membaca buku pelajaran yang sempat membuat pusing kepalanya tadi siang, kedua telinganya ditutup handset yang memperdengarkan lagu-lagu kesayangannya. Tiba-tiba Carissa berada didepan kakaknya itu.

CARISSA :
Kakak.......(teriaknya)

Penempatan sudut pandang kamera yang baik  untuk mendukung adegan tersebut adalah ...
A.        Normal angle/ Eye-level
B.        Low angle
C.        Hight angle
D.        Obyektif kamera angle
E.         Over Shoulder

22.     Dalam film kartun alvin and the chipmunk, tokoh utama kartun tersebut mempunyai suara yang khas seperti donal bebek. Teknik mengubah suara tersebut dengan cara mengubah nada suara (pitch) menjadi tinggi dan waktu  (diration) dari file audio.
Bagimanakah langkah-langkah menerapkan efek khusus  mengubah menjadi suara seperti dalam film kartun alvin and the chipmunk dengan menggunakan software adobe audition CS 6 ...
A.        Menu effect > stretch and pich > time and picth >  pada default di bagian effect ini pada bagian rise and picth
B.        Menu insert > picth > stretch and pich >  pada default di bagian effect ini pada bagian rise and picth
C.        Menu effect > picth > stretch and pich >  pada default di bagian effect ini pada bagian rise and picth
D.        Menu effect > time and picth > stretch and pich >  pada default di bagian effect ini pada bagian rise and picth
E.         Menu effect > time and picth > pich >  pada default di bagian effect ini pada bagian rise and picth

23.      

Bagaimanakah proses melakukan perekaman audio pada track pertama berdasarkan gambar diatas,...
A.        Klik tombol Solo pada track pertama, kemudian klik tombol record
B.        Klik tombol Arm for record pada track pertama kemudian klik tombol record
C.        Klik tombol Solo pada track pertama, kemudian klik tombol Arm for record
D.        Klik tombol Arm for record pada track, kemudian klik record
E.         Klik tombol Record, pada track pertama kemudian klik Arm for record

24.     Secara devault, track audio yang tersedia dalam aplikasi pada soal no 23  hanya 6 track ditambah 1 track master. Ketika kita sedang melakukan komposing sebuah file audio lebih dari yang ada, maka diperlukan penambahan track audio. Bagaimanakah langkah menambah track audio digital dengan menggunakan aplikasi yang tampak pada gambar ...
A.        Klik menu Insert > klik audio track atau tekan alt + A
B.        Klik menu Insert > klik audio  atau tekan alt + A
C.        Klik menu Insert > klik audio track atau tekan alt + I
D.        Klik menu Insert > klik audio track atau tekan CTRL + A
E.         Klik menu Insert > klik audio  atau tekan CTRL + A

25.     Apabila durasi video lebih pendek dari durasi audi yang digunakan untuk backsound, bagaimanakah langkah yang dilakukan agar video dan audio menjadi harmonis...
A.        Menentukan bagian audio yang akan dipotong, kemudian diberikan efek fade agar audio tidak diawali dan berakhir dengan mendadak
B.        Menentukan video yang akan diperpanjang durasinya agar durasi video menjadi sama dengan durasi audio
C.        Menentukan durasi video dan durasi audio, kemudian ditambahkan file video sebagai jembatan jumping
D.        Menentukan bagian video yang akan dipotong, kemudian diberikan efek fade agar video tidak diawali dan berakhir dengan mendadak
E.         Menentukan durasi video dan durasi audio, kemudian durasi audio diperpendek agar file audio dan video panjangnya sama

26.     EXT. BERANDA- SORE HARI
(Darmo duduk di bale-bale)
Darmo termangu, matanya menatap kosong. Harapan akan hari tua yang bahagia telah sirna. Ingatannya melayang pada masa, dimana istri tersayang masih bersamanya. Dia yang selalu setia menemani, membawakan kopi, bahkan tetap setia ketika tangan kasar darmo melayang ke arah pipi merahnya.

DARMO :
Ningsih.... maafkan aku....aku terlalu naif untuk dirimu....aku terlalu tak mempedulikanmu...
Lirihnya dalam dekapan gubug reotnya
Dari skenario diatas, maka gerakan kamera yang baik untuk mendukung kesan mendalam adalah ...
A.        Still Kamera
B.        Panning
C.        Pedestal
D.        Tracking
E.         Arcing

27.     Salah satu efek visual dalam Adobe After Effects yang memiliki fungsi untuk membuat efek teks yang mengikuti bentuk kurva atau melingkar .adalah ...
A.        Efek Bulge
B.        Efek Path Text
C.        Efek Advanced Lightning
D.        Efek Glow
E.         Efek Emboss

28.     Pada serial TV Ganteng-ganteng srigala yang ditayangkan Stasiun Televisi SCTV, pada sebuah scane aktor utama menunjukkan wujud asli, yang awalnya berwujud manusia biasa lalu berubah menjadi wujud manusia srigala yang menyeramkan,. Efek video yang tepat untuk diintegrasikan adalah...
A.        Burned  and  destroyed  body
B.        Debris Element
C.        Dust Element
D.        Super Jump
E.         Warp Face

29.     Suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari…..
A.        Media Video
B.        Multi Media lineair
C.        Multi Media Interaktif
D.        Multi Media Statis
E.         Media Televisi

30.     Secara etimologis multimedia berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata “multi”yang berarti banyak; bermacam-macam dan “medium”berarti ….
A.        Sesuatu yang pakai untuk menyampaikan
B.        Sesuatu yang gunakan untuk mengambil
C.        Sesutau yang siapkan untuk merekam
D.        Sesuatu yang gunakan untuk meng up load
E.         Sesuatu yang digunakan untuk mendistribusikan

31.     Berbagai kombinasi dari teks, grafik, suara, animasi, dan video yang disampaikan dengan menggunakan komputer atau alat elektronik lainnya merupakan konsep multi media dari ...
A.        John Marshall
B.        Heinich, Molenda, Russell & Smaldino
C.        Rada
D.        Vaughan
E.         Smaldino

32.     Pada bagian mana,  storyboard memuat Take shot, Panel, Squence, Lokasi, dan Setting Waktu 
A.        judul
B.        visual
C.        properties
D.        audio
E.         sub judul

33.     Pada proses pra produksi dibuat synopsis dan  storyboard.  Storyboard dibuat agar ….
A.        hasil produk multi media lebih menarik
B.        sebagai panduan seorang animator dalam bekerja
C.        menjelaskan alur proses multi media
D.        mengatur waktu pada proses produksi
E.         mengatur proses produksi tepat waktu

34.     Suatu produk multi media interaktif agar menarik,  pada proses pra produksi penyusun harus membuat...
A.        cerita pendek
B.        cerita singkat
C.        storyboard
D.        konsep
E.         tema

35.     Untuk membuat storyboard sesuai standar sinematografi, dibutuhkan beberapa prinsip dalam penyusunan storyboard antara lain: pesan visual harus kreatif (asli, luwes dan lancar),   Komunikatif,   Efisien, efektif dan 
A.        indah / estetis
B.        tepat waktu
C.        ide cerita
D.        tema yang panjang
E.         synopsis yang lengkap

36.     Untuk keluar dari suatu media interaktif dapat dilakukan dengan memberikan script ....
A.        on (release)
B.        goto And Play
C.        ( ) stop;
D.        fscommand (“quit”,”true”);
E.         goto And Stop

37.     on(release){
gotoAndPlay(“Scene” 2,1);
}
script di atas terdapat pada sebuah tombol, berfungsi jika ditekan maka akan …
A.        pindah ke frame 2
B.        pindah ke layer 2 frame 1
C.        pindah ke scene 2
D.        pindah ke timeline 2
E.         pindah ke scene 2 frame 1

38.     Agar desain cover sebuah media interaktif sesuai dengan cover sebenarnya, harus dibuat dengan ukuran …
A.        17,5 cm x 27 cm
B.        13,5 cm x 25 cm
C.        12 cm  x  24 cm
D.        11,5 cm x 23 cm
E.         11 cm x 22 cm

39.     Kegiatan yang digolongkan dalam kegiatan produksi film pendek adalah ...
A.        Pembuatan naskah
B.        Pengambilan gambar
C.        Editing video
D.        Promosi di TV
E.         Casting pemain

 
40.     Usaha jasa pembuatan profil perusahaan, web desain perlu memasukkan hal-hal berikut dalam rencana kerjanya ...
A.        Modal kerja, peralatan dan bahan, ketenagaan, bandwith internet, domain
B.        Modal kerja,  ketenagaan, bandwith internet
C.        Modal kerja, peralatan dan bahan, ketenagaan, bandwith internet
D.        Peralatan dan bahan, ketenagaan, bandwith internet, domain
E.         Modal kerja, peralatan dan bahan, bandwith internet, domain

 >> Soal Penjajakan Ujian Nasional Teori Kejuruan Multimedia Bisa di Download link dibahaw<<
:: Soal UN Teori Kejuruan Multimedia Paket A *.doc
:: Soal UN Teori Kejuruan Multimedia Paket A *.pdf


 

7 comments:

ERA CASHLESS

Era Cashless Dimana seseorang bekerja mati-matian dibayar dengan tampilan angka digital dilayar HP. Inilah evolusi dari tansaksi tukar benda...