Wednesday, July 17, 2019

STRATEGI PEMASARAN ALA ROTI'O

STRATEGI PEMASARAN ALA ROTI'O.


Teori pemasaran yg sangat familier yaitu teori marketing mix (Product, Price, Place, Promotion) yg dikemukakan oleh Jerome McCarthy (1968).
Sangat mengelitik ketika kita berada di stasiun kereta api & Bandara Udara, sering dijumpai gerai makanan dan minuman berjejer dg desain tempat yg menarik.
Yang menjadi bahasan kita kali ini adalah gerai Roti'O karena biasanya ada 2 gerai Roti'O disetiap Stasiun Kereta Api & Bandara Uadara, tepatnya di depan (Area Masuk Bording) dan dibelakang (tepat tunggu kereta). Ratusan Roti terjual dari gerai Roti'O ini. Bisa dibilang Roti'O salah satu Gerai Roti terlaris disetiap Stasiun Kereta Api & Bandara Udara.
Mari kita analisi dg Marketing Mix (4P).
#PRODUK
Roti dengan toping kopi, kering dan renyah dipermukaan, daging roti yg lembut, serta mentega meleleh di dalam sehingga sebagian besar konsumen dari semua kalangan umur menyatakan enak bahkan bukan pencita kopipun bisa menikmatinya.
Ukuran Roti yg pas ( tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil).
Kemasan berwarna kuning juga berpengaruh, menurut penelitian warna kuning dapat meningkatkan konsentrasi, karena secara harfiah itu bisa membangunkan otak dan sistem saraf. Melihat warna kuning juga diketahui dapat memicu pelepasan hormon bahagia, serotonin. 
#PRICE
Harga jelas Roti'O dg harga Rp.12.000 masih dibawah harga Dunkin Donuts, J-CO, Starbuck dll. Banyak diskon dg pembayaran cashless.
#PLACE
Gerai yg berjajar disepanjang jalur KA & Bandara tentunya merupakan tempat yg sangat strategis, Para penumpang  yg sedang menunggu Boarding maupun Jadwal keberangkatan dg mudah menjangkaunya.
#PROMOTION
Kita jarang melihat promosi offline besar2an lewat baliho, Spanduk bahkan lewat media online pun sangat jarang ketemui. yg menarik bagi saya adalah Promosi dg Aroma, promosi yg sangat efektif mengguncang jiwa2 manusia yg kelaparanšŸ¤£. Beberapa penelitian menyatakan bahwa memghirup aroma kopi bisa menurunkan stres. Inilah strategi yg dipakai, banyak orang stres karena terburu2 ke stasiun KA & Bnadara, stres terlalu lama menunggu kendaraan, dll, maka secara otak bawah sadar akan digiring oleh aroma kopi menuju gerai Roti'O.
~Boleh dikoreksi~

No comments:

Post a Comment

ERA CASHLESS

Era Cashless Dimana seseorang bekerja mati-matian dibayar dengan tampilan angka digital dilayar HP. Inilah evolusi dari tansaksi tukar benda...